Kunjungan M. Fiztpatrick ke stikes binus

Selasa, 14 November 2007 Sekolah Tinggi Kesehatan Bina Usada ( Stikes Bina Usada ) mendapat kunjungan dari salah satu Candidate Departement of Social Anthropology
University Of Zurich untuk mewawancara dosen prodi Kebidanan Stikes Bina Usada. Molly Fitzpatrick adalah salah satu kandidat yang mewawancarai dosen prodi Kebidanan tentang “Maternal Healthcare in Bali” dan program yang menjadi unggulan prodi Kebidanan yakni “Hypnostetri”.

Sebelum kita mengetahui tentang hipnostetri alangkah baiknya jika kita mengetahui apa itu hipnosis. Hipnosis merupakan suatu kondisi menyerupai tidur dimana orang yang dihipnosis akan berada pada alam bawah sadarnya akan tetapi orang tersebut dapat menjawab pertanyaan yang diajukan serta menerima sugesti dari orang yang menghipnosisnya. Hipnostetri adalah suatu pengembangan dari ilmu hypnosis yang merupakan penggunaan hypnosis kebidanan secara berkesinambungan, yang dimulai sejak direncanakannya kehamilan, masa menyusui, sampai si anak mencapai usia balita (Kroger, 2008). Hipnostetri merupakan bagian dari ilmu hypnosis kedokteran (clinical hypnoteraphy) sehingga aman dalam penggunaannya. Bagi seorang wanita tentulah akan merasa sangat khawatir dan cemas saat menghadapi proses persalinan, untuk mengatasi dan mengurangi kecemasan tersebut merupakan tugas bidan/dokter.
Oleh karena itu hendaknya seorang bidan maupun dokter mengetahui dan mempelajari teknik dari hipnostetri ini. Di bawah ini merupakan beberapa macam dari bagian hipnostetri :
● Hypnofertility – mengatasi kemandulan
● Hypnopregnancy – rileks selama kehamilan
● Hypnonausea – mengatasi mual saat kehamilan
● Hipnoterapi untuk kasus sungsang atau perdarahan
● Hypno-analgesia dan hypno-anesthesia- menghilangkan rasa nyeri
● Hypno-birthing – melancarkan proses persalinan
● Hypnolactation – melancarkan ASI
● Hypnoparenting – mendidik buah hati agar tumbuh menjadi anak yang baik

Hypno-birthing bekerja berdasarkan kekuatan sugesti.klien ibu hamil dapat mrlakukan ini sendiri (self hypnosis) atau dengan bantuan pendamping persalinan/ bidan. Teknik hypno-birthing ini sangatlah mudah. Kunci untuk mencapai keberhasilan metode ini adalah “praktik”, baik di kelas antenatal (persiapan kelahiran) maupun di rumah, sehingga berbagai teknik dalam hypno-birthing ini dapat dikuasai oleh calon ibu dengan bantuan pendamping saat berlatih. Pendamping disini adalah mitra ibu, disarankan adalah sang suami agar sang suami dapat menjadi motivator bagi calon ibu.
Beberapa manfaat hipnostetri :
● menghadirkan rasa nyaman saat menjelang kelahiran
● meningkatkan ikatan batin antara calon ibu/ayah dengan janin
● menghilangkan rasa takut, tegang dan panik saat persalinan
● membuat ibu bersalin tetap dalam kondisi terjaga dan sadar
● mampu mengurangi keluhan-keluhan saat hamil ● dll.

Hipnostetri dapat menjadi suatu pilihan bagi anda para calon ibu yang ingin merasakan kenyamanan saat hamil sampai persalinan.

About the author

Leave a Reply

STIKES BINA USADA BALI

   Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali adalah sebuah lembaga pendididikan tinggi swasta kesehatan. Awal pendirian memiliki 2 program studi yaitu S1 Keperawatan dan DIII Kebidanan yang resmi berdiri pada tanggal 1 Agustus 2007.

Recent Comments